Saturday, September 9, 2017

Candi

Candi

Candi
contoh gambar candi

Candi sebuah bangunan keagamaan tempat ibadah peninggalan purbakala yang berasal dari peradaban Hindu-Buddha.Bangunan ini digunakan sebagai tempat pemujaan dewa-dewi ataupun memuliakan Buddha. Akan tetapi, istilah 'candi' tidak hanya digunakan oleh masyarakat untuk menyebut tempat ibadah saja, banyak situs-situs purbakala non-religius dari masa Hindu-Buddha Indonesia klasik, baik sebagai istana (kraton), pemandian (petirtaan), gapura, dan sebagainya, juga disebut dengan istilah candi
.

Candi merupakan bangunan replika tempat tinggal para dewa yang sebenarnya, yaitu Gunung Mahameru.Karena itu, seni arsitekturnya dihias dengan berbagai macam ukiran dan pahatan berupa pola hias yang disesuaikan dengan alam Gunung Mahameru.Candi-candi dan pesan yang disampaikan lewat arsitektur, relief, serta arca-arcanya tak pernah lepas dari unsur spiritualitas, daya cipta, dan keterampilan para pembuatnya.

Beberapa candi seperti Candi Borobudur dan Prambanan dibangun amat megah, detil, kaya akan hiasan yang mewah, bercitarasa estetika yang luhur, dengan menggunakan teknologi arsitektur yang maju pada zamannya. Bangunan-bangunan ini hingga kini menjadi bukti betapa tingginya kebudayaan dan peradaban nenek moyang bangsa Indonesia.

Candi adalah sebuah bangunan purbakala yang dibangun oleh kerajaan-kerajaan beragama Hindu dan Budha di Indonesia. Candi-candi ini tersebar di Sumatera, Jawa, dan berbagai tempat lainnya. Setiap daerah punya keunikan bentuk candi. Dan fungsi candi kebanyakan adalah sebagai tempat ibadah, penyimpanan abu jenazah raja, dan lainnya.

Bahan Pembuatan Candi


Sebagai sebuah bangunan, candi pasti menggunakan bahan tertentu. Bahan yang dipakai pun beragam. Kalau di Jawa, bahan yang sering dipakai adalah batu andesit (Jawa Barat, Jawa Tengah, sebagian Jawa Timur), batu bata merah (Sumatera, Jawa Timur), Imagebahkan batu kapur (sebagian Jawa Tengah dan Jawa Timur).

Batu andesit adalah batu berwarna hitam yang berasal dari gunung. Sifat batu ini keras dan tahan lama terhadap cuaca apapun, tapi tetap kalah jika terkena letusan gunung berapi…

Kalau batu bata merah, batunya kecil dan berbentuk batu bata, warnanya merah (seperti batu bata biasa) dan mungkin mudah rusak karena terbuat dari tanah liat yang dibakar.

Kalau yang satu ini, batu kapur, adalah batu putih yang terbuat dari terumbu karang yang mati, lalu berubah menjadi putih dan bersifat kimia CaCO3, lalu terangkat ke atas (keluar dari laut) karena tenaga endogen sehingga menjadi bukit-bukit kapur yang disebut karst. Batu kapur ditambang di bukit-bukit ini. Batu ini lemah karena tidak tahan terhadap cuaca sehingga mudah aus.

Mungkin kalau candi yang terbuat dari batu andesit kita sudah lazim dengar, karena candi-candi terkenal terbuat dari batu andesit, seperti Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Kalau candi yang terbuat dari batu bata mungkin agak asing, tetapi banyak candi yang dibuat dari batu bata merah di daerah Jawa Timur,

No comments:

Post a Comment