Wednesday, September 20, 2017

Pengertian relief

Pengertian relief


Relief candi borobudur

Relief adalah seni pahat dan ukiran 3-dimensi yang terdapat pada batu. Banyak dijumpai pada bangunan candi, kuil, monumen dan tempat bersejarah kuno. Salah satu contoh relief yang terdapat pada candi Borobudur di mana relief tersebut menggambarkan kehidupan sang Buddha dan ajaran-ajarannya.
Relief ini bisa merupakan ukiran yang berdiri sendiri, maupun sebagai bagian dari panel relief yang lain, membentuk suatu seri cerita atau ajaran. Pada Candi Borobudur sendiri misalkan ada lebih dari 1400 panel relief ini yang dipakai untuk menceritakan semua ajaran sang Buddha Gautama.

Jenis relief ;


Relief tinggi


Relief tinggi atau adalah jenis relief dengan ukiran yang lebih menonjol keluar dengan penampil kedalaman dimensi lebih dari 50 persen. Relief ini hampir menampilkan seni patung yang utuh yang menempel pada dasar permukaan dinding. Contoh relief tinggi adalah kebanyakan arca periode Hindu Buddha Jawa yang bersandar pada stela sandaran arca, atau relief-relief dewata Lokapala pada candi Prambanan. Contoh lainnya adalah relief-relief Yunani dan Romawi kuno yang lebih menonjol.

Relief rendah


Relief rendah adalah jenis relief dengan ukiran yang sedikit menonjol dari dasar permukaan dinding. Tonjolan atau kedalaman ukirannya bervariasi dan biasanya hanya beberapa sentimeter atau kurang dari 50 persen kedalaman dimensi ukiran. Contoh dari relief rendah adalah relief-relief pada candi periode klasik Jawa kuno, misalnya relief candi Borobudur.

Relief dangkal


Relief dangkal adalah jenis relief yang lebih dangkal dari relief rendah. Ukiran relief hanya berupa guratan-guratan tipis untuk menghilangkan material latar.

Relief tenggelam



Relief tenggelam adalah jenis relief di mana latar permukaan dinding dibiarkan utuh dan rata, sementara ukiran figur digambarkan tenggelam dicukil dalam permukaan dinding. Jenis relief seperti ini lazim dalam kesenian Mesir kuno.

No comments:

Post a Comment