Friday, September 15, 2017

Resistor

Resistor

resistor

Resistor adalah komponen elektronik yang memiliki hambatan listrik spesifik dan tidak pernah berubah . Resistansi resistor membatasi aliran elektron melalui sebuah rangkaian,atau lebih sering di sebut penghambat.

Resistor adalah komponen pasif , artinya mereka hanya mengkonsumsi daya (dan tidak bisa menghasilkannya). Resistor biasanya ditambahkan ke sirkuit di mana mereka melengkapi komponen aktif seperti op-amp, mikrokontroler, dan sirkuit terpadu lainnya . Biasanya resistor digunakan untuk membatasi arus, membagi tegangan.
Besaran daya pada resistor sesuai dengan bentuk dan label yang tertera pada resistor tersebut.Seperti gambar di atas


Simbol resistor


Simbol resistor


Resistor ½W yang umum berukuran sekitar 9.2mm, sedangkan resistor ¼W yang lebih kecil berukuran sekitar 6.3mm.Seperti nampak pada gambar di bawah ini.
Ukuran resistor

Gelang warna pada resistor


Nilai resistor yang menggunakan sistem warna-pita. Sebagian besar resistor ini akan memiliki empat pita warna juga afa yang lima bahkan enam warna.

Tabel warna resistor untuk menentukan nilainya:


Dua gelang pertama menunjukkan dua digit paling signifikan dari nilai resistor. Gelang ketiga adalah nilai bobot, yang mengalikan dua angka signifikan dengan kekuatan sepuluh.
Gelang terakhir menunjukkan toleransi resistor. Toleransi menjelaskan berapa nilai resistansi yang berlaku pada resistor tersebut. Tidak ada resistor yang dibuat dengan sempurna, dan proses pembuatan yang berbeda akan menghasilkan toleransi yang lebih baik atau lebih buruk. Sebagai contoh, resistor 1kΩ dengan toleransi 5% sebenarnya bisa berada di antara 0,95 kΩ dan 1,05 kΩ.
Membedakan gelang pertama dan terakhir.Gelang terakhir, band toleransi sering dipisahkan dengan jelas dari gelang nilai, dan biasanya itu akan berupa perak atau emas.


Berikut adalah contoh resistor 4.7kΩ dengan empat pita warna:
Menentukan nilai resistor dari gambar di atad adalah. Untuk dua gelang pertama, temukan nilai digit warna yang sesuai. Resistor 4.7kΩ memiliki pita warna kuning dan ungu untuk memulai - yang memiliki nilai digit 4 dan 7 (47). Gelang ketiga dari 4.7kΩ berwarna merah , yang menunjukkan bahwa 47 harus dikalikan dengan 10 2 (atau 100). 47 kali 100 adalah 4.700

Resistor smd

Resistor SMD.

Ukuran standart biasanya 0805 (panjang 0.8mm dengan lebar 0,5 mm), 0603, atau 0402.Banyak diproduksi secara masal,karena banyak digunakan saat ini.
Resistor SMD, seperti pada paket 0603 atau 0805, memiliki cara mereka sendiri untuk menampilkan nilainya. Resistor ini biasanya memiliki tiga sampai empat karakter - angka atau huruf - dicetak di atas body resistor ini.
Jika tiga karakter yang Anda lihat adalah semua angka , Anda mungkin melihat resistor bertanda E24 . Tanda-tanda ini benar-benar memiliki kesamaan dengan sistem pita warna yang digunakan pada resistor PTH. Dua angka pertama mewakili dua digit paling signifikan dari nilai tersebut, angka terakhir mewakili besaran.
Contoh resistor SMD bertanda E-24
Pada gambar contoh di atas, resistor ditandai 104 , 105 , 205 , 751 , dan 754 . Resistor yang ditandai dengan 104 harus 100kΩ (10x10 4 ), 105 akan menjadi 1MΩ (10x10 5 ), dan 205 adalah 2MΩ (20x10 5 ). 751 adalah 750Ω (75x10 1 ), dan 754 adalah 750 kΩ (75x10 4 ).

Sistem pengkodean umum lainnya adalah E96 , dan ini adalah kelompok yang paling samar. Resistor E96 akan ditandai dengan tiga karakter - dua angka di awal dan huruf di akhir. Kedua angka tersebut memberi tahu Anda tiga digit pertama dari nilai tersebut, dengan mencari di tabel berikut ini
Tabel resistor smd

Tabel abjad resistor smd

No comments:

Post a Comment