Sunday, September 10, 2017

Lesung

Lesung

Lesung
gambar lesung

Lesung adalah alat tradisional dari bangsa Indonesia untuk mengolah padi atau gabah menjadi beras. Fungsi alat ini memisahkan kulit gabah (sekam) dari beras secara mekanik. Lesung terbuat dari kayu berbentuk seperti perahu berukuran kecil dengan panjang sekitar 2 meter, lebar 0,5 meter dan kedalaman sekitar 40 cm
.

Lesung sendiri sebenarnya hanya wadah cekung, biasanya dari kayu besar yang dibuang bagian dalamnya. Gabah yang akan diolah ditaruh di dalam lubang tersebut. Padi atau gabah lalu ditumbuk dengan alu, tongkat tebal dari kayu, berulang-ulang sampai beras terpisah dari sekam.

Hampir semua rakyat Indonesia pada jaman dulu sekitar tahun 1945 ke bawah lesung hampir ada di setiap perkampungan entah itu satu atau lebih dari satu.Karena pada masa itu mesin penggilingan padi hanya di miliki kaum penjajah.

Kita harusnya bersyukur karena sudah hidup di masa sekarang,lesung sudah tidak lagi digunakan,karena sudah ada mesin penggilingan padi.Dapat kita bayangkan betapa sulitnya mengupas kulit pada padi dengan proses di tumbuk.Tapi itulah alat sederhana yang menjadi sejarah bangsa ini dari nenek moyang kita.

No comments:

Post a Comment